Chelsea FC
| Kakarmand © 2012   

Kamis, 26 Agustus 2010

Energi Alternatif, Jenis dan Kriteria

lampu mcarmand
Seiring berjalannya waktu populasi manusia semakin bertambah sehingga kebutuhan akan energi pun semakin besar, namun ketersediaan akan energi terbatas. Salah satu contoh yaitu kini ketersediaan minyak bumi di alam kian menipis. Menyadari hal-hal tersebut ilmuwan-ilmuwan di berbagai negara berlomba-lomba untuk menemukan energi alternatif maupun teknologi-teknologi yang hemat dan ramah lingkungan. 





Energi Alternatif tidak lain adalah sumber-sumber energi pengganti sumber energi yang telah menipis ketersediaannya di alam. Contohnya minyak bumi yang volumenya kian menipis. Energi-energi alternatif yang diinginkan yaitu energi alternatif yang memenuhi kritria:
- Dapat digunakan berulang kali
- Ketersediaannya melimpah di alam
- Proses pembuatannya tidak merusak alam
- Tidak berbahaya, aman, dan tidak menimbulkan berbagai penyakit
- Tidak menyisakan limbah atau limbah cair ataupun gasnya tidak merusak alam (ramah lingkungan)


Menjawab fenomena global warming saat ini, energi-energi alternatif yang sangat dibutuhkan yaitu energi alternatif yang memenuhi kriteria tersebut. Namun untuk menemukan energi alternatif yang memenuhi semua kriteria tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan penelitian dan proses yang memakan waktu. Penelitian dan pengembangan teknologi ramah lingkungan terus diupayakan oleh berbagai negara di dunia, dan kini telah menghasilkan beberapa penemuan energi alternatif. Energi alternatif tersebut terbagi menjadi 2 kategori, kategori energi alternatif pengganti minyak bumi dan kategori sumber listrik alternatif.

A. Energi alternatif pengganti minyak bumi

Energi alternatif pengganti minyak bumi antara lain,
- Elpiji
- Biomassa
- Biofuel
- Biogas
- Biodiesel
- Bioetanol
- Metanol
- Hidrofuel
- Campuran Spiritus
- dan sebagainya

Kini energi-energi alternatif ada yang bersumber dari air laut, air murni, bunga matahari, gula, minyak jelatah, sampah, kotoran ternak, kompos, Eceng gondok, alkohol, biji jarak,Bonggol jagung, kelapa sawit, dan lain-lain 

B. Pembangkit listrik alternatif

Pembangkit listrik alternatif antara lain,
- Panel Surya
- Pembangkit Tenaga Gelombang Laut
- Pembangkit Hidrogen
- Pembangkit Tenaga Nuklir
- dan sebagainya

Penemuan-penemuan tersebutlah yang mulai akan digunakan sebagai alternatif saat ini oleh negara-negara pengembang teknologi maupun negara-negara konsumen dan dapat dipastikan akan menjadi energi dan sumber energi utama di masa depan.
(tulisan dan gambar, oleh: M. Armand Zurhaar | mcarmand.blogspot.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak Anda.
Berilah komentar, masukan, atau teguran walau sepatah kata.
Agar saya dapat mengenal Anda. Terima Kasih.