Fungsi Ornamen Banua Mbaso

souraja
Banua Mbaso/ Souraja

A. BAGIAN ATAS  
1. Ragam hias
Pada bagian atas atap terdapat papan dan lisplank ukiran yang menandakan bahwa bangunan ini merupakan rumah seorang raja.

ornamen 

2. Ventilasi
Pada ruang atas ini terdapat ventilasi roda yang  berfungsi sebagai  sirkulasi udara juga sebagai pencahayaan alami loteng. Hal tersebut dibutuhkan karena  ruangan ini digunakan sebagai tempat berdiamnya para gadis.
Ventilasi juga dibutuhkan untuk menghusir kelembaban yang jika lembab akan berpotensi berkembangnya jamur. Selain ventilasi roda pada atap juga mempunyai sirkulasi di sela tingkatan dua atap.


ventilasi
ventilasi souraja


B. BAGIAN TENGAH
1. Pintu Masuk/Keluar (3 buah)
Pada ruang ini terdapat 3 arah pintu masuk/keluar, pintu yang terdapat pada sebelah kanan dan tengah bangunan difungsikan sebagai penghubung menuju ruang tamu dan pintu yang terdapat pada sebelah kiri bangunan difungsikan sebagai penghubung menuju kamar magau (raja).

pintu souraja

2. Pintu Kamar (3 buah)
Ruang ini memiliki 3 buah pintu, dua buah pintu menuju kamar tidur dan terdapat satu pintu yang menghubungkan ruang tidur magau dan ruang keluarga magau. Pintu ini berfungsi untuk mengontrol anak gadis.

pintu souraja

3. Jendela (4 buah)
Posisi jendela ini terletak satu garis lurus yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan.
Konon menurut kepercayaan animisme dahulu posisi jendela satu garis lurus ini dapat mempermudah roh-roh maupun arwah leluhur untuk masuk ke dalam rumah.

jendela souraja

4. Pintu Belakang (3 buah)
Terdapat tiga buah pintu pada ruang belakang yang menghubungkan ruang tengah menuju dapur, menghubungkan ruang bawah dengan dapur dan ruang belakang menuju dapur masak.



C. RUANG BAWAH
1. Tangga Depan (2 buah)
Tangga depan menuju ruang tengah terdapat pada bagian kiri dan kanan, tangga pada posisi kanan bangunan berfungsi sebagai jalan untuk naik sedangkan yang terdapat pada kiri bangunan berfungsi sebagai jalan untuk turun.

souraja

2. Tangga Belakang
Tangga belakang berfungsi untuk menghubungkan ruang bawah dan dapur.

tangga souraja

3. Tiang
Tiang berfungsi sebagai penyangga/penopang bangunan.

tiang sauraja


Cukup sekian yang dapat kami ungkapkan. Semoga akan disempurnakan dalam observasi-observasi selanjutnya. >> kakarmand.blogspot.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Friday, 19 April 2013 at 20:46:00 GMT+8 delete

nama saya hendratno, saya dari sulaawesi tengah, donggala.. saya hanya inggin kt selalu menjaga kebudayaan ,, karena dari kebudayaan kt dapat belajar tata cara adat istiadat daerah kt, dan yang perlu kt garis bawahi bahwa kebudayaan sangat berharga nilainya. untuk itu marilah selalu kt menjaga kebudayaan, terimah kasih

Reply
avatar
Friday, 19 April 2013 at 20:55:00 GMT+8 delete

aku bang karena aku salah satu anak daerh sulawesi tengah,karena sulawesi tengah mempunya begituh banyak obyek wisata serta kebudayaan dan marilah kita selalu menjaga kebudayaan karena kebudayaan merupakan peningalan nenek moyang kt yang sangat berguan buat ank cucu kt nnti.dan marilah kita selalu melestarikan kebudayaan serta menjagany...dengan baik..... terimah ksaih

Reply
avatar
Sunday, 28 December 2014 at 08:40:00 GMT+8 delete

@Wawan Hendrawan.
oh gitu, Mas juga dari Sulteng rupanya. Salam kenal.
iya Mas. saya setuju dengan Mas Wawan untuk menjaga warisan budaya. Dengan begitu kita dapat mengetahui sejarah sekaligus mengambil pelajaran dari itu. Warisan budaya yang berupa situs bangunan tradisional juga dapat menambah nilai pariwisata daerah.

Reply
avatar