Berkenalan dengan Arsitektur

pengertian arsitektur
Berkenalan dengan Arsitektur

Arsitektur ?

Setelah lulus SMA saya berkuliah di jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Tadulako pada tahun ajaran 2010/2011. Berbekal hobi saya menggambar dan merancang, saya nekad ambil arsitektur walaupun saya bukan dari Sekolah Menengah Kejuruan seperti yang umumnya. Tidak ada kakak, keluarga ataupun teman saya sejak SMA yang berpengalaman di bidang itu. Hal tersebut membuat pada awal-awal kuliah saya merasa seperti tersesat.

Lambat laun tak kenal maka tak sayang, sehingga dengan berbekal kamus dan googling saya harus kenalan dengan yang namanya arsitektur. 
Mau berkenalan dengan arsitektur? 
Lanjutkan membaca postinganku kali ini ya! 

Di sini saya akan menguraikan beberapa pendapat dan pengertian arsitektur dari berbagai sumber yang ada. Sumber-sumber googling saya masih berupa Wikipedia yang berbahasa Indonesia.
Menurut kamus besar bahasa indonesia:
ar.si.tek.tur  /arsitéktur/  n
1 seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan; 2 metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan.
Menurut Wikipedia
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perancangan kota, perancangan perkantoran, arsitektur lansekep, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk.  


Pendapat saya tentang arsitektur sebelum masuk jurusan arsitektur:
Arsitektur merupakan corak dari bentuk suatu seni bangunan.

Pendapat saya tentang Arsitektur setelah masuk jurusan arsitektur:
Arsitektur adalah suatu ilmu, teknologi dan seni yang mempelajari tentang perencanaan hingga perancangan bangunan dengan disertai unsur-unsur fungsi, estetika, dan struktur. Dapat pula dikaitkan dalam gaya, perkembangan zaman, kebudayaan, ilmu ekonomi dan matematika, serta berbagai hal lainnya menyangkut kebutuhan manusia dan lingkungan.



Sudah ada gambaran sedikit tentang pengertian Arsitektur?

Nah... kalau sudah, saya ucapkan selamat. Tetapi kalau belum, ayo semangat googling lagi yah! Cari berbagai hal tentang arsitektur. Atau kamu bisa juga lihat postingan Kakarmand lainnya tentang Arsitektur di blog ini. (Klik : Arsitektur)

Kalau kamu para newbie di bidang arsitektur, aku sarankan sebelum merancang memakai autoCAD, coba download dan belajar pakai software dari yang lebih mudah seperti Sweet Home 3D, 3D Home Architect Deluxe, atau, Google Sketchup, pasti akan lebih cepat tangkap dalam berimajinasi. 
Oh iya, Gambar rancangan di atas saya buat pakai software free itu loh! Namun itu ketika saya masih jadi mahasiswa baru (bulum mulai perkuliahan), namun lumayan kan? Pasti bisa kalau mau belajar, walaupun masih baru lulus SMA. 
Okey, sampai disini postingan tentang berkenalan dengan Arsitektur ini, semoga bermanfaat. Selamat belajar Arsitektur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Friday, 4 January 2013 at 17:08:00 GMT+8 delete

kalo misalkan kita gak bisa ngegambar ataupun ngerancang tetep bisa masuk teknik arsitektur gak kak ?

Reply
avatar
Monday, 28 January 2013 at 22:28:00 GMT+8 delete

bisa. asalkan punya kemauan untuk mempelajarinya.

Reply
avatar
Saturday, 13 April 2013 at 18:02:00 GMT+8 delete

pelajaran atau materi di arsitektur itu gimana ya kak ? terus tugas yang diberikan gimana ?

Reply
avatar
Sunday, 28 April 2013 at 07:15:00 GMT+8 delete

@Whii: pelajaran dan materinya cenderung lebih banyak kepada KONSEP DALAM MERANCANG.
menurutku cukup berat di tugas, soalnya tugasnya bermacam-macam, biasanya tugasnya dalam bentuk kertas ukuran A3,A2,A1,A0 dan jumlahnya berlembar-lembar, dalam bentuk laporan sbg mana biasa, dlm bentuk 3D animasi presentasi, bntuk maket model/miniatur rancangan bangunan, dan sebagainya.

Reply
avatar