Perjalanan

Pariwisata

Budaya

Terbaru

Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa Parigi Moutong

Tugu Parigi Mutiara Khatulistiwa
Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa
    Pada kesempatan ini #kakarmand ingin mengajak kamu untuk mengetahui Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa Kabupaten Parigi Moutong. Pusat Rekreasi ini terletak di dusun Kayubura, Desa Pelawa Baru, kecamatan Parigi Utara. Lokasinya tidak begitu jauh dari desa Toboli yang biasanya menjadi tempat persinggahan kendaraan dari dan ke wilayah Kota Palu.

     Bila kamu dari arah utara menuju selatan, Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa terletak di sebelah kanan kamu, sementara lokasi taman anjungan pantai Kayubura berada di sebelah kiri. Kini bukit dan patai Kayubura menjadi kesatuan yang menarik untuk dinikmati. Bila dari pantai Kayubura kita dapat melihat teks signage Parigi Moutong Mutiara Khatulistiwa yang besar di atas bukit. Dan bila kita dari atas bukit, tentunya kita dapat menikmati pemandangan lautan yang luas ditemani dengan pantai Kayubura yang memiliki taman yang tertata.

Pantai Kayu Bura
pantai Kayubura dari atas bukit
PMK Parigi
Signage PMK, Parigi Moutong Mutiara Khatulistiwa

"Pusat Rekreasi ini dinamakan Mutiara Khatulistiwa? Mengapa demikian?"hmmm..
     Tentunya nama itu sesuai dengan kondisi kabupaten Parimo yang dilalui oleh garis lintang nol derajat bumi. Namun garis khatulistiwanya bukan di Kayubura ini, melainkan di kecamatan Tinombo Selatan yang sejak dahulu telah ada tugu khatulistiwa di sana.

     Kemudaian nama "Mutiara" adalah sebuah perhiasan berharga yang sumbernya dari alam. Tidak lain Parigi Moutong difilosofikan sebagai mutiara karena kabupaten ini memiliki nilai tinggi akan sumber daya alam yang terpendam di wilayah lautan maupun daratan yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Kilau mutiara yang indah juga menjadi daya tarik yang memikat, sebagaimana kabupaten Parigi Moutong menawarkan berbagai macam pantai yang eksotik. Pantai-pantai tersebut membentang dari utara hingga selatan wilayahnya.

"waahhhh... cukup menakjubkan bukan?"
"OK. Kembali lagi ke Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa, sekarang #kakarmand mengajak kamu mengetahui bukitnya."

Selamat Datang di Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa

Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa
Selamat datang di pusat rekreasi mutiara khatulistiwa

     Saat pertama memasuki bukit Kayubura, kita akan menemui gerbang selamat datang di Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa, kemudian kita akan melalui jalur mulus beraspal yang sangat menanjak dengan kemiringan yang cukup menguras tenaga mesin. Untuk menjamin keselamatan, kamu harus memakai kendaraan yang masih kuat untuk menanjak dan juga memiliki pengereman yang baik.

Taman PMK Parigi Moutong
Taman PMK Parigi Moutong
Tribun Taman Parigi Moutong
Tribun penonton teater outdoor
Jalur Pejalan Kaki
Jalur pejalan kaki

     Setelah itu kita akan menemukan sebuah taman yang dilengkapi dengan teater outdoor beserta tribun penontonya. Di taman ini sangat cocok bila diadakan acara pertunjukan kesenian maupun juga acara-acara semi formal. Taman ini telah ditata sedemikian rupa dengan indah dan fungsional. Di sebelah taman juga terdapat area parkir yang datar, jadi kamu tidak peru khawatir akan kendaraan yang sulit parkir akibat kemiringan jalan.

Taman Parigata Kabupaten Parigi Moutong

Taman Parigata Parigi
Taman Parigata dari kejauhan

     Sekitar dua puluh meter setelah taman tersebut kita akan menemui taman parigata. Di taman ini terdapat banyak bunga parigata sebagaimana nama taman ini. Parigata biasa disebut juga dengan nama bunga kertas. Bunga parigata sudah menjadi tanaman yang melekat kuat dengan identitas kota parigi (ibukota kabupaten parimo). 
     Bunga parigata cocok untuk iklim tropis lembab, sebab tidak membutuhkan banyak air untuk menghasilkan bunga. Biasanya bila bunga parigata kebanyakan air, maka hasil produksi daunnya sangat banyak namun bunga yang dihasilkan sangat sedikit. Oleh karena itu bunga parigata sangat cocok dengan iklim daerah ini dan banyak ditanam di taman-taman kota Parigi. Bahkan parigata pun menjadi inspirasi bentuk pembuatan tugu pada persimpangan depan kantor bupati Parigi Moutong.

"hmmmm... apa ya misteri Parigata di Parigi?"
"yang orang Parigi bantu jelasin dong.!?"
"Bagaimana sejarahnya sampai bunga parigata menjadi salah satu ikon parigi?"
"Apakah karena nama keduanya yang cukup identik yaitu menggunakan kata #PARIG#. "
"Bila kamu mengetahui sebabnya, bagi di kolom komentar ya?"

Tugu Mutiara Khatulistiwa

Monumen Mutiara Khatulistiwa
Motor kakarmand sedang parkir di dekat monumen

"hmmmm... OK. Skip dulu yang tadi. Kita lanjut lagi jalan ke atas."
Setelah berjalan dua menit ke atas, kita akan menemui monumen mutiara khatulistiwa.

"hmmmm... pada mulanya #kakarmand tidak mengerti melihat bentukan tugu/ monumen ini."
"Setelah beberapa menit saya pandangi, ternyata mungkin monumen ini berbentuk seperti mercusuar namun dalam ukuran yang kecil"
"Oh iya, ya! kan mercusuar sebagai menara yang mengawasi kapal-kapal yang ingin berlabuh. hmmmm... nyambung juga dengan keberadaannya yang menghadap ke lautan"

     Monumen ini nampak menjulang tinggi dengan warna jingga. Sepintas monumen ini kental juga menggambarkan salah satu bank yang menjadi sponsor, hingga kemudian warna dan logonya jelas terpampang pada monumen ini. Terlepas dari itu semua, dengan adanya monumen pada Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa ini cukup memberi fariasi sentuhan pada pandangan mata pengunjung.

Parigi Mutiara Khatulistiwa
PMK, Parigi Moutong Mutiara Khatulistiwa

     Di depan monumen mercusuar jingga tadi terdapat signage yang betuliskan PMK Parigi Moutong Mutiara Khatuistiwa. Pada umumnya, hal yang pertama membawa kita untuk menuju puncak bukit ini adalah rasa penasaran akan signage tersebut. Saat dilihat dari bawah bukit, tulisan itu terpampang nyata berdampingan dengan sebuah tugu/ monumen. Bila kita coba untuk dekati sign ini ternyata berukuran raksasa. Jika kamu berada di sekitar sign ini, kamu harus hati-hati sebab sign ini terletak nyaris di tepi jurang.

Taman Songu Lara

Taman Songu Lara
Taman Songu Lara Kayubura Parigi Moutong
     Tak jauh dari tugu tersebut ada satu Taman lagi yang menarik perhatian #kakarmand, yaitu taman Songu Lara. Songu Lara berasal dari bahasa kaili yang berarti Satu Hati/ One Heart. Taman ini juga kadang disebut sebagai bukit inspirasi, dengan harapan pikiran kita akan terbuka dan menemukan inspirasi bila mengunjungi taman ini. Taman ini dibangun selama empat bulan yaitu dari tanggal 23 Mei sampai 23 September 2015 yang dikoordinatori oleh Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup, H. Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM.

     Kita akan merasakan kenyamanan di taman ini dengan landscape dipenuhi tanaman hias yang semuanya indah dan tertata rapi. Dan jika kita ingin bersantai, di sini ada 6 buah gazebo. Tiga buah gazebo di taman atas, dan tiga lagi di taman bawah. Kesemua gazebo ini dilengkapi dengan penerangan dan colokan listrik.
"wahhh... asiikk bukan? tak perlu khawatir kalau lupa bawa powerbank untuk gadget kamu"

Tugu Kayu Bura
Tugu eboni/ Kayu Hitam
Bukit Inspirasi Parigi Moutong
Bukit Inspirasi kab. Parigi Moutong

     Pada taman songu lara ini juga terdapat prasasti tapak tangan bupati kabupaten Parigi Moutong yaitu bapak H. Samsurizal Tombolotutu. Selain itu juga di sini terdapat tugu eboni, sebagaimana eboni atau kayu hitam itu merupakan salah satu kekayaan alam yang ada di propinsi Sulawesi Tengah. Kesemua elemen tersebut menjadi suatu perpaduan yang selaras dalam desain lansekap taman songulara.

Tandon Air Parigi
Tandon air

     Selain dari yang telah saya sebutkan di atas, ada suatu hal yang menjadi oase segar pada taman ini. Sesuatu tersebut adalah tandon air. Kalau diperhatikan keberadaan tandon air tersebut berguna sebagai penampung air bersih untuk menyirami tanaman. Perawatan dan pelestarian tanaman di taman ini rupanya telah direncanakan dengan baik.
"hmmm... dikala cuaca terik 38 derajat Celcius begini, asik juga tuh air kalau dipakai untuk cuci muka yang gerah. hehehe."

Buang Sampah Pada Tempatnya
Ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya di taman PMK

"OK. sudah semua nih #kakarmand bahas."
"Nah diakhir #kakarmand ingin ingatkan, jangan buang sampah sembarangan ya!"
"Budayakan lingkungan bersih dan sehat, buanglah sampah pada tempatnya."
Di sini telah disediakan tempat sampah yang telah di klasifikasikan
antara yang organik dan anorganik.

"Cukup sekian dulu liputan dari Pusat Rekreasi Mutiara Khatulistiwa Parigi Moutong."
"Ayo! Segera datang kemari dan temukan inspirasimu di bukit inspirasi kayubura!"

12 Keseruan yang Kamu bisa dapatkan di Pusat Laut Donggala

berlari di pusat laut donggala

Pada postingan sebelumnya #kakarmand telah menceritakan tentang “apa itu Pusat Laut?
Kali ini #kakarmand akan membahas 12 keseruan yang kamu bisa dapatkan di Pusat Laut.
“Apa saja keseruan itu?”
Baca sampai habis. #kakarmand akan bahas satu per satu.


1. Lomba lari bareng sahabat

Nah.. yang pertama kamu dapat lari-larian seperti pada gambar di atas. Lomba lari merupakan satu permainan yang patut kamu coba, karena permainan ini sangat cepat mebangkitkan keseruan. Para lelaki menjadi peserta lomba, sementara perempuan bertugas menyoraki perlombaan. 
     Berlari di pesisir pantai pusat laut dengan percikan air laut dengan medan pasir yang berat adalah sensasi tersendiri yang dapat kamu rasakan. Jangan lupa persiapkan juga satu orang teman yang standby untuk mengabadikan momen-momen melalui kamera. Kamu akan menyaksikan gaya-gaya unik sahabat kamu saat berlari yang dapat memecah tawa.


2. Terjun ke lubang pusat laut

terjun di pusat laut donggala
     Ini dia keseruan yang paling banyak dicari-cari kalau datang ke Pusat Laut. Sesuatu yang patut kamu coba bila kamu berani dan mampu berenang. Seperti biasa lompatan-demi lompatan akan memacu adrenalin. Kamu dapat melakukan lompatan dengan berbagai gaya yang telah ada maupun gaya fariasi kamu sendiri yang aman untuk kamu lakukan. Bila tak bisa bergaya layaknya olahragawan, melakukan gaya batu juga tak masalah kok. Loh? Ada ya.. gaya batu?


3. Berendam

berendam d pusat laut donggala
     Setelah kamu menyeburkan diri ke dalam lubang pusat laut, kamu jangan buru-buru untuk naik. Di bawahnya kamu bisa berendam bersama sahabat kamu sambil mengabadikan momen dengan kamera. Kamu dapat berenang ketepian karena di posisi itu ada batu besar yang bisa kamu duduki untuk istirahat. Kamu akan menikmati waktu di bawah sana karena banyak ikan-ikan kecil yang indah-indah.


4. Menikmati Sunset

sunset pantai pusat laut
     Jika suatu pantai berada di sisi barat momen sunset sudah pasti akan anda temukan di sana. Pusat Laut Donggala juga berada di sebelah barat sehingga kamu akan merasakan momen sunset jika menginginkan untuk menyambut malam di Pusat laut Donggala.


5. Jelajah pantai

pantai pusat laut/ pusen tasi
     Tentunya pasir putih pusat laut menunggu kamu tuk menjejakinya. Kegiatan jelajah pantai juga dapat menjadi suatu pilihan untuk mengisi liburan kamu di Pusat aut Donggala. Pasir pantai yang putih dan bersih menyatu bersama lautan biru yang luas dapat menjadi sarana penyegar pikiran untuk kamu yang sibuk akan rutinitas di perkotaan.


6. Nongkrong atau juga Main Kartu

main kartu bdi pusat laut
     Main Kartu? Kok Main Kartu? Ini memang hal yang tidak mainstream dilakukan di pantai, namun dapat menciptakan suasana yang seru bila kamu memiliki sahabat-sahabat yang kocak. Ingat main bareng ya, bukan jaim bareng. Hehehe. Kok kayak bahasa iklan?
     Ngemil sambil main kartu joker maupun domino di atas rerumputan dan di bawah pepohonan yang rindang juga dapat menjadi referensi kegiatan kamu saat piknik di sini. Untuk itu kamu harus menyiapkan kartu sebelum ke pusat laut donggala jika kamu menginginkannya. Hal ini dapat mengisi waktu kamu dengan keseruan yang lain saat enggan untuk bermain di laut. Pusat Laut Donggala yang terletak di pulau Sulawesi dan dekat dengan perlintasan garis katulistiwa menjadikannya memiliki iklim tropis. Tentunya pada siang hari bila tidak hujan kamu akan merasakan teriknya sinar matahari. Saat matahari terik kegiatan yang satu ini juga seru untuk dilakukan bersama sahabat.


7. Nginap

nginap di pusat laut
Di Pusat Laut Donggala juga tersedia banyak cottage yang bisa kamu sewa untuk menginap. Tentunya jika berencana untuk menginap kamu harus mempersiapkan perbekalan untuk malam hari. Bawalah jagung mentah, bersama daging ayam mentah yang telah dibersihkan. Kamu bisa membakarnya disini dengan alat panggang dan kayu bakar atau arang yang sebelumnya juga kamu persiapkan. Bawalah burasa sebagai teman untuk dinikmati bersama ayam bakar, maupun ikan yang telah kamu bakar. Dan jangan lupa juga bawa gitar dan harmonika, kamu bisa jadi pengamen untuk menghibur sahabat yang lainnya saat sedang menyantap hidangan. hehehe.
     Ingat setelah itu jangan meninggalkan sampah ya!! Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, Jangan membawa apapun kecuali kenangan. Buanglah sampah pada tempatnya, karena ditiap-tiap cottage juga telah disediakan tempat sampah yang cukup besar.


8. Nge-Alay

siluet gaya alay-alay men
     Bosan dengan kegiatan-kegiatan yang mainstream? Untuk  itu coba yang satu ini, berfoto ria dalam siluet bersama sahabat-sahabat yang juga seru dengan gerakan-gerakan yang alay banget gitcu loch… hehe. Kamu dapat menciptakan pose-pose aneh yang kamu farisasikan sendiri dengan kreatifitas kamu miliki. Tentunya kamu akan membawa pulang kenangan yang dapat membuat kamu nyengir-nyengir sendiri bila kembali membukanya.
siluet gaya balerina di pusat laut
Menarik bukan? untuk kamu coba bersama sahabat-sahabat kamu yang juga seruseru pastinya. Buang sesaat jaim kamu, dan nikmati senja di pantai dengan ekspresi yang lucu-lucu.


9. Foto bareng Bule

foto bareng bule
     Bukan hal yang aneh lagi kalau dipantai-pantai yang Indah juga kadang bahkan selalu didatangi oleh turis-turis mancanegara. Tapi sebelum foto bareng, minta izin dulu ya. Karena selain banyak yang ramah, ada juga bule yang tidak ingin privasinya menjadi terganggu. Kamu dapat berkata ini ke mereka. “Helo mister, kan ai tek sam piktcers wit yuuu?” kalau dibalas YES, bla bla bla … baru ucapkan “tengkyu” kalau dibalas NO, bla bla bla …  jangan balas dengan kata “f*#K!^@”,  tentunya balas dengan kata-kata yang lembut dan juga meminta maaf jika dia merasa terganggu.
Tapi, Kalau ada bule cewe balesnya dengan kata yes no oh yes no? Loh kok?
Hehe, Itu tidak ada nak. Itu hanya ada dalam imajinasi kamu nak.
Wkwkwkwk.. wekawekawekaweka. Krik… krik.. krikk… jangkrik pasti bangga padamu nak.


10. Groovie/ wefie

groovie
     Jika tidak ada pengunjung lain yang bisa diminta tolong untuk fotokan kamu bersama rombongan piknik kamu, tenang saja kamu bisa memilih groovie atau pun pakai kamera DSLR yang telah dilengkapi dengan remot. Jadi dari jauh tinggal klik, jepret pret.. pret… pretttttt.
Kok malah kayak ada yang kentut ya? Krik… krik.. krikk… jangkrik numpang lewat lagi.


11. Paparazzi

paparazzi di pantai pusat aut
Paparazzi? Kok seperti acara TV luar negeri? Iya karena ini foto yang dilakukan sembunyi-sembunyi. Mengabadikan momen-momen bahagia mereka yang memiliki pasangan yang juga ikut piknik bersamama kamu. Setelah itu perlihatnkan pada mereka, mereka pasti rada senang bisa juga sebal dan gak nyangka gitu. Padahal sebenarnya mereka prihatin pada kamu Mblo, oh MblooOO.


12. Mancing

memancing ikan di pusat laut donggala
     Dan ini yang terakhir, karena Pusat Laut Donggala merupakan wisata bahari. Tentu kalau kamu biasa dan hobi mancing tentu kamu teah mengetahui spot-spot mana saja yang memungkinkan untuk mendapatkan ikan. Tapi jangan kayak foto di atas ya?? Lihat dermaga di sana aja sampai gubrak melihat kegaringan mereka. Krik..krik..krikk… krack.

Sekian cerita #kakarmand tentang 12 Keseruan yang kamu bisa dapatkan di Pusat Laut Donggala. Kalau kamu membacanya dari awal hingga akhir ada beberapa tips-tips wisata pusat laut yang terselip di sana. Semoga bermanfaat dan thanks semua telah mampir di personal blog #kakarmand ini.

Jembatan Baru Dolago Pasca Bencana Banjir Bandang

Jembatan Dolago
Jembatan Dolago
Hi..! Sahabat blog #kakarmand.
Kali ini #kakarmand ingin posting tentang foto jembatan dolago yang baru.
Sebelumnya #kakarmand juga telah posting tentang jembatan baru di Sulawesi Tengah, yaitu jembatan KASUBI (Kalukubula-Sunju-Binangga).

Kembali kepada jembatan Dolago yang terletak di Kecamatan Parigi Selatan ini. Sepintas bentuknya mirip jembatan 4 Palu, namun jelas beda lah. Jembatan dolago hanya mempunyai satu buah pelengkung, sementara jembatan 4 Palu dari dua pelengkung. Struktur tepat di bawah pelengkung top chord nya juga beda, kalau jembatan 4 menggunakan web kabel-kabel diagonal, sementara jembatan dolago menggunakan semacam tiang vertikal. Yang membuat keduanya sekilas mirip adalah pelengkungnya dan warnanya yang sama-sama kuning.

Foto jembatan Dolago yang baru

Jembatan Parigi Dolago
Jembatan Dolago Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan
Jembatan Dolago Boyantogo
Foto Jembatan Dolago
Foto Jembatan Dolago
Foto Jembatan Dolago

Sekedar cerita. #kakarmand dari Palu ke Parigi kai ini sebenarnya untuk meninjau lokasi proyek pembangunan perumahan yang #kakarmand rancang. Maklum #kakarmand kuliahnya di jurusan Arsitektur, namun sambil kerja kecil-keccilan gitu. hehehe. Rada curhat ya? Sambil mengisi waktu siang, #kakarmand sempatkan juga menengok jembatan dolago yang baru ini.

Sebelumnya #kakarmand juga pernah mengunjungi Dolago pada tahun 2012 saat setelah terjadi bencan banjir bandang di sini. Kedatangan #kakarmand dahulu dilatarbelakangi tugas matakuliah permukiman 1. Tugas tersebut tentang bagaimana merancang permukiman pasca bencana yang tanggap akan bencana. Hmmm... 
Berikut ini foto-foto pasca terjadi bencana banjir bandang 2012
yang sempat #kakarmand dokumentasikan.

Foto jembatan Dolago yang lama

Jembatan Dolago Lama
Jembatan Dolago Lama
Banjir Bandang Dolago
Sisa-sisa banjir bandang di dolago
Banjir Bandang Dolago Boyantogo Lemusa
Bencana canjir bandang dolago kab. parigi moutong
Dolago
Survey untuk matakuliah
Dolago Parigi Moutong
Menuju Bendungan Dolago
Kantor Desa Dolago
Kantor Desa Dolago
Kalau diperhatikan kondisi pada masa itu sangat memprihatinkan. Ada Korban Jiwa, dan banyak rumah-rumah warga yang tertimbun lumpur dan kayu gelondongan. Jembatan lama sampai patah dan hanyut terbawa arus banjir. Kini pasca bencana berlalu jembatan baru telah ada dan dapat dirasakan manfaatya kembali sebagai sarana transportasi. Hmmm... 
Semoga masyarakat tetap melestarikan hutan agar tidak terjadi bencana yang serupa lagi di daerah ini.

Ok sekian cerita singkat #kakarmand tentang Jembatan Dolago kali ini. Sampai jumpa.