Tips Menghindari Ancaman Virus

anti virus
      Menghindari Ancaman Virus. Mmmm.. dulu komputer saya sering terkena virus!!?? sekarang tidak lagi.. mau tau tipsnya??
simak sampai seleseai postinganku kali ini.




      Banyak program antivirus luar negeri maupun lokal yang ditawarkan dipasaran, namun semua itu kurang mampu untuk menjamin kita terhindar dari ancaman virus terutama jika virus telah masuk lebih dulu kedalam sistem kita ketimbang antivirus. Sebagai pengguna komputer, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari sistem dari ancaman virus maupun akibat-akibat buruk yang ditimbulkannya: 
    cegah virus
  • Pasang Anti Virus pada sistem komputer.
Sebagai perlindungan di garis depan, penggunaan anti virus adalah wajib. Ada banyak anti virus yang beredar di pasaran saat ini. Beberapa yang cukup handal diantaranya adalah Avira (www.avira.com) dan Norton Anti Virus (www.symantec.com).
  • Update database program anti virus secara teratur. 
Ratusan virus baru muncul setiap bulannya. Usahakan untuk selalu meng-update database dari program anti virus yang anda gunakan. Database terbaru dapat dilihat pada website perusahaan pembuat program anti virus yang anda gunakan. Mengupdate database juga dapat dilakukan secara manual tergantung program antivirusnya.
  • Berhati-hati sebelum menjalankan file baru.
Lakukan scanning terlebih dahulu dengan anti virus sebelum menjalankan sebuah file yang didapat dari mendownload di internet atau menyalin dari orang lain. Apabila anda biasa menggunakan sarana e-mail, berhati-hatilah setiap menerima attachment dalam bentuk file executable. Waspadai file-file yang berekstensi: *.COM, *.EXE, *.VBS, *.SCR, *.VB.

  • Curigai apabila terjadi keanehan pada sistem komputer.
Menurunnya performa sistem secara drastis, khususnya saat melakukan operasi pembacaan/penulisan file di disk, serta munculnya masalah pada software saat dioperasikan bisa jadi merupakan indikasi bahwa sistem telah terinfeksi oleh virus.
  • Backup data secara teratur.
Tips ini mungkin tidak secara langsung menyelamatkan data kita dari ancaman virus, namun demikian akan sangat berguna apabila suatu saat virus betul-betul menyerang dan merusak data di komputer yang anda gunakan. Setidaknya dalam kondisi tersebut, kita tidak akan kehilangan seluruh data yang telah dibackup sebelumnya. Anda juga dapat melakukan backup dengan cara anda sendiri.
  • Pasang program keamanan yang lain. 
Selain anti virus anda juga dapat memasang program keamanan lainnya. Contohnya program yang dapat mengontrol servis dan proses pada windows, membersihkan perubahan-perubahan yang dilakukan virus, etc. Banyak program seperti ini beredar di website ScanWith.com anda juga bisa mendapatkannya dari website-website yang terpercaya lainnya. Tools-tools anti virus lokal saat ini juga sudah cukup untuk melakukan hal ini.
  • Jangan sembarangan memasukan removeable disk.
Jangan asal memasukkan removeable disk anda ke dalam komputer yang belum terproteksi oleh antivirus yang terupdate, deepfreeze, roolback dan semacamnya. Hal ini boleh saja anda lakukan jika komputer pribadi anda terproteksi dengan baik dan anda dapat membedakan mana file virus dan mana yang bukan, agar jika terdapat virus, anda dapat dengan mudah menanggulanginya.
  • Belajarlah membuat virus. (dalam artian positif).
Jika kita pandai membuat virus, untuk mencegah atau membasmi virus adalah hal yang sangat mudah bagi kita, namun dalam artian positif. Jangan sekali-kali membuat virus untuk kejahatan. Belajarlah membuat sebuah virus mulailah dari yang paling sederhana dan terus mengembangkan kode-kodenya, agar kita dapat dengan mudah mengetahui trik-trik kebanyakan virus terutama pada virus-virus lokal.

Demikian ... Semoga berguna sohb!! 
(tulisan dan gambar, oleh: M. Armand Zurhaar | kakarmand.blogspot.com)

Share this

Related Posts

First

1 comments:

Write comments
Anonymous
Wednesday, 20 March 2013 at 06:55:00 GMT+8 delete

This is the only way to ensure good products in hand and
great value for your hard earned money. The advert designs can range
from being simple text affairs that are very basic, which also tend to be less expensive, to the more expensive,
fully graphic designed adverts with photo quality images
that can take up a whole page of the newspaper. He quickly became a well known activist for Islamic revivalism calling for the ouster of pro-western governments
using violent means if necessary. The process of printing conditions requires alteration
of flow from a fan or pump. The dishes and ingredients differ slightly from region to region, with each region having their own specialties.



Here is my blog - click here

Reply
avatar