Jembatan Baru Dolago Pasca Bencana Banjir Bandang

Jembatan Dolago
Jembatan Dolago
Hi..! Sahabat blog #kakarmand.
Kali ini #kakarmand ingin posting tentang foto jembatan dolago yang baru.
Sebelumnya #kakarmand juga telah posting tentang jembatan baru di Sulawesi Tengah, yaitu jembatan KASUBI (Kalukubula-Sunju-Binangga).

Kembali kepada jembatan Dolago yang terletak di Kecamatan Parigi Selatan ini. Sepintas bentuknya mirip jembatan 4 Palu, namun jelas beda lah. Jembatan dolago hanya mempunyai satu buah pelengkung, sementara jembatan 4 Palu dari dua pelengkung. Struktur tepat di bawah pelengkung top chord nya juga beda, kalau jembatan 4 menggunakan web kabel-kabel diagonal, sementara jembatan dolago menggunakan semacam tiang vertikal. Yang membuat keduanya sekilas mirip adalah pelengkungnya dan warnanya yang sama-sama kuning.

Foto jembatan Dolago yang baru

Jembatan Parigi Dolago
Jembatan Dolago Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan
Jembatan Dolago Boyantogo
Foto Jembatan Dolago
Foto Jembatan Dolago
Foto Jembatan Dolago

Sekedar cerita. #kakarmand dari Palu ke Parigi kai ini sebenarnya untuk meninjau lokasi proyek pembangunan perumahan yang #kakarmand rancang. Maklum #kakarmand kuliahnya di jurusan Arsitektur, namun sambil kerja kecil-keccilan gitu. hehehe. Rada curhat ya? Sambil mengisi waktu siang, #kakarmand sempatkan juga menengok jembatan dolago yang baru ini.

Sebelumnya #kakarmand juga pernah mengunjungi Dolago pada tahun 2012 saat setelah terjadi bencan banjir bandang di sini. Kedatangan #kakarmand dahulu dilatarbelakangi tugas matakuliah permukiman 1. Tugas tersebut tentang bagaimana merancang permukiman pasca bencana yang tanggap akan bencana. Hmmm... 
Berikut ini foto-foto pasca terjadi bencana banjir bandang 2012
yang sempat #kakarmand dokumentasikan.

Foto jembatan Dolago yang lama

Jembatan Dolago Lama
Jembatan Dolago Lama
Banjir Bandang Dolago
Sisa-sisa banjir bandang di dolago
Banjir Bandang Dolago Boyantogo Lemusa
Bencana canjir bandang dolago kab. parigi moutong
Dolago
Survey untuk matakuliah
Dolago Parigi Moutong
Menuju Bendungan Dolago
Kantor Desa Dolago
Kantor Desa Dolago
Kalau diperhatikan kondisi pada masa itu sangat memprihatinkan. Ada Korban Jiwa, dan banyak rumah-rumah warga yang tertimbun lumpur dan kayu gelondongan. Jembatan lama sampai patah dan hanyut terbawa arus banjir. Kini pasca bencana berlalu jembatan baru telah ada dan dapat dirasakan manfaatya kembali sebagai sarana transportasi. Hmmm... 
Semoga masyarakat tetap melestarikan hutan agar tidak terjadi bencana yang serupa lagi di daerah ini.

Ok sekian cerita singkat #kakarmand tentang Jembatan Dolago kali ini. Sampai jumpa.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »