Objek Taman Wisata Alam Bancea, Poso SULTENG

taman wisata alam bancea
     TWA Bancea adalah Taman Wisata Alam yang terletak di Desa Bancea, Kecamatan Pamona Selatan, Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah.



TWA Bancea merupakan kawasan pelestarian alam dengan tujuan utama untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pariwisata dan rekreasi alam.

     TWA Bancea memiliki beberapa kawasan yang dapat dijadikan sebagai objek-objek wisata alam yang sangat menarik. Beberapa objek wisata tersebut adalah sebagai berikut:


1. Danau Poso

     Sebagian besar kawasan TWA Bancea merupakan wilayah perairan bagian dari Danau Poso, yaitu Tanjung Bancea. Daerah Perairan kawasan TWA ini memiliki air tawar yang jernih, sejuk dan tenang sehingga banyak menarik pengunjung untuk berenang atau mandi. Selain itu di Danau Poso pengunjung dapat menikmati pemandangan alam di sekitar Danau Poso dengan menggunakan sampan atau rakit, disamping itu dapat pula melakukan kegiatan memancing ikan air tawar.

danau poso pamona


2. Pesisir danau Poso

    Kawasan TWA Bancea juga memiliki wilayah pesisir/ bibir pantai dari Danau Poso yang sangat indah karena memiliki pasir putih yang unik dan bersih juga pemandangan alamnya yang indah. Daerah ini merupakan daerah yang sering dikunjungi wisatawan untuk rekreasi. Kegiatan wisata alam yang dapat dilaksanakan di sini antara lain berenang/mandi, berjemur di pantai, menikmati pemandangan alam yang indah, berkemah dan pengamatan flora fauna terutama jenis anggrek alam dan kondisi medannya cukup mudah untuk dilalui pengunjung.


3. Wilayah Daratan Kawasan

     Daerah ini terletak di bagian barat kawasan, merupakan daerah yang berhutan yang memiliki potensi flora fauna yang tinggi. Biasanya pengunjung memanfaatkan daerah ini hanya untuk lintas alam dan wisata ilmiah untuk kegiatan penelitian/pengamatan flora fauna. Di daerah ini sering dijumpai fauna endemik seperti anoa, burrung Allo, tarsius, dan rusa. Selain itu anda dapat menikmati anggrek-anggrek yang tumbuh alami di TWA Bancea melalui trekking yang mendaki.


4. Taman Anggrek

     Taman anggrek ini berada di pesisir Danau Poso. Dapat ditempuh melalui jalur air maupun jalur darat dari Desa Bancea. Di Taman Anggrek ini pengunjung dapat menikmati keindahan jenis-jenis anggrek alami yang dikoleksi dari kawasan TWA Bancea. Taman Anggrek ini dibangun sekitar tahun 1980an oleh Biro Kependudukan dan Lingkungan Hidup Propinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Sub Balai KSDA pada saat itu. Maksud dari pembangunan Taman anggrek ini antara lain untuk mempermudah pengunjung menikmati jenis-jenis anggrek alam yang terdapat di TWA Bancea tanpa harus berjalan dan mencari di kawasan hutan TWA Bancea.

taman anggrek bancea


5. Air Terjun

     Di TWA Bancea terdapat dua buah air terjun, yaitu air terjun Limba Ata dan air terjun Batu Marato. Air terjun Limba Ata ini bermuara ke sungai Limba Ata yang selanjutnya nke Danau Poso. Lokasi air terjun ini sekitar 5 Km dari jalan raya, kondisi jalan menanjak sekitar 300 m dpl. Tinggi air terjun ini sekitar 100 m. Air Terjun Batu Marato bermuara ke sungai Batu Ata, selanjutnya bermuara ke Danau Poso. Lokasi air terjun berjarak ± 1 km dari jalan raya, melewati nperkebunan rakyat dan kondisi jalan menanjak 200 m. Tinggi air terjun ini sekitar 50 m.

Referensi: Panduan Kegiatan Wisata Di Taman Wisata Alam Bancea.
Poso - Sulawesi Tengah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Saturday, 21 April 2012 at 00:29:00 GMT+8 delete

postingx bagus bagus dan sangat menarik.lebih di perbanyak lagi nantix semaoga torang bisa lebih kasi maju ngata palu ngata to kaili. KITA NO SARARA NTE NO SAMPESUVU, SALAN DOA KA SARARA NTE SAMPESUVU RI PALU

Reply
avatar
Wednesday, 25 April 2012 at 20:52:00 GMT+8 delete

Insya Allah, akan ku perbanyak lagi posting yang seperti ini selagi ku tak ada kesibukan kuliah.
..
Terimakasih atas apresiasinya Kanda!

Reply
avatar