Pasar Petobo Sepi akan Aktifitas Jual Beli

pasar petobo
     Pasar Petobo adalah salah satu pasar induk di Kota Palu yang terletak di jalan Bulili kelurahan Petobo, ke- camatan Palu Selatan. Karena terletak di jalan Bulili sehingga pasar ini dinamakan Pasar Induk Bulili

Walau pemerintah kota Palu menjulukinya sebagai pasar induk, namun kondisi yang sebenarnya jauh dari julukan tersebut. Parameter sebuah pasar induk coba kita ambil saja pasar induk yaitu sebuah pasar yang dipusatkan dan ramai akan aktifitas jual beli.

Apakah aktifitas pasar dan jual beli yang ada disekitar kecamatan Palu Selatan terpusat di pasar Petobo? Jawabannya adalah tidak sama sekali.


pasar petobo
Keadaan Pasar Induk

pasar induk bulili
jalan bulili sepi

Kini, siapa yang dipersalahkan? Pemerintah kah? Pedagang kah? Pembeli kah? atau mungkin masalah-masalah seperti ini sudah membudaya dan sulit dihilangkan dalam kehidupan masyarakat di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Mengapa Pasar Petobo sepi?
     Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan pasar induk ini sepi.
Salah satu faktornya menurut asumsi saya yaitu karena faktor letak lokasi Pasar Petobo. Letak pasar Petobo tidak strategis, berada di jalan bulili yang relatif jarang dilalui kendaraan, jauh dari jalan raya kota yang ramai, dan jauh dari tempat-tempat aktifitas rutin penduduk. Upaya-upaya pemerintah dalam promosi dan penetapan terminal di depan pasar Petobo hanya berdampak kecil bagi pertumbuhan pasar ini.

     
     Aktifitas jual beli relatif sepi, oleh karena itu para pedagang memutuskan untuk berdagang kembali di tepi-tepi jalan di Kota Palu. Lihat saja di jalan Dewi Sartika, jalan Towua, jalan Banteng, jalan Kijang, jalan I Gusti Ngurahrai, dan jalan Tombolotutu kini ada pasar-pasar kecil pedagang kaki lima di tepi-tepi jalan tersebut. Kondisi ini mengancam kelancaran lalu lintas kendaraan di Kota Palu, serta membuat penataan Kota Palu terlihat semeraut. Para pedagang pasar yang berdagangan tersebut mandagangkan ikan dan sayur-sayuran. 

jl dewi sartika
penunjuk arah

terminal petobo
terminal petobo

     Di tengah-tengah kembalinya para pedagang ke jalan-jalan Kota, ada juga beberapa pedagang yang terpaksa bertahan di Pasar Induk Petobo. Sebagian pedagang-pedagang yang masih bertahan di Pasar Induk Petobo menggelar dagangannya di luar pagar pasar. Mereka mengeluhkan bahwa masyarakat yang melintas atau calon pembeli tidak mau masuk ke dalam pasar, sehingga mereka pindah ke luar pagar pasar.

Apakah benar?
"Pada tahun 2000 silam Kota Palu pernah meraih predikat kota terjorok
?"

(tulisan dan gambar oleh | kakarmand.blogspot.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Friday, 18 February 2011 at 09:44:00 GMT+8 delete

ayo kita dukung pemerintah dalam program
Palu Green and Clean
Untuk menciptakan Kota Palu yang Hijau dan Bersih

Reply
avatar
Dea
Tuesday, 1 March 2011 at 15:43:00 GMT+8 delete

memang kebiasaan pemerintah membangun fasilitas umum di tempat terpencil jauh dari keramaian. Tpi klu pasar di baya sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masyarakat....
sehingga bermanfaat

Reply
avatar
Monday, 14 March 2011 at 21:09:00 GMT+8 delete

benar. memang begitu faktanya yang ada saat ini.

Reply
avatar