Yellow Box Junction kini ada di Kota Palu

Kota Palu

Yellow box Junction kini ada di kota Palu. Penampakan Yellow Box Junktion ini ada pada beberapa persimpangan jalan di Kota Palu. Jika Anda masyarakat Kota Palu dan sekitarnya yang masih asing dengan garis kuning yang satu ini silahkan baca juga di artikel Kakarmand: (Pengertian Yellow Box Junction) <<

Tidak semua persimpangan jalan di kota Palu yang dipasang marka jalan ini. Tetapi hanya beberapa saja, yaitu pada persimpangan jalur-jalur Arteri Primer yang padat lalu lintas dan berpotensi tinggi untuk menimbulkan kemacetan. Berikut ini beberapa persimpangan jalan di Kota Palu yang dipasang Yellow Box Junction, beserta analisa singkat dari @kakarmand.

YBJ Kota Palu


1. Persimpangan Jalan Dewi Sartika - Moh. Yamin - Basuki Rahmat - Abdurrahman Saleh
Peta Palu
Persimpangan jalan Basuki Rahmat
     Kepadatan pada persimpangan ini biasanya terjadi pada hari-hari masuk kerja yaitu jam 07.00-09.00 pagi. Hal tersebut diakibatkan karena persimpangan ini menghubungkan jalan Dewi Sartika yang merupakan jalur penghubung Kelurahan Birobuli Selatan, Birobuli Utara, dan Petobo yang merupakan basis wilayah permukiman penduduk. Jalan Dewi Sartika juga salah satu jalur kolektor primer yang menghubungkan wilayah Kota Palu menunju wwilaya kabupaten Sigi. Sedangkan jalan Moh Yamin memiliki basis peruntukan Perkantoran Pemerintah. Kepadatan tersebut juga kadang terjadi saat jam pulang kerja yaitu jam 16.30-17.30 petang
     Sementara itu, jalan Abdurrahman Saleh merupakan jalur yang menghubungkan lalu lintas darat di Kota Palu menuju terminal lalu lintas udara yaitu bandar udara Mutiara Sis-Aljufri. Jalan Abdurrahman Saleh dan Jalan Basuki Rahmat merupakan Jalan Arteri Primer. Sedangkan Jalan Dewi Sartika dan Jalan Moh Yamin merupakan Jalan Kolektor Primer. Terhubungnya jalur Arteri Primer dan Kolektor Primer dalam persimpangan ini membuat persimpangan ini kini memiliki garis Yellow Box Junction.


2. Persimpangan Jalan Basuki Rahmat - I Gusti Ngurah Rai - Towua - W. Monginsidi
Peta Palu
Persimpangan Jalan Emi Saelan
     Persimpangan ini bisa dibilang merupakan persimpangan yang paling ramai di Kota Palu. Hampir pada setiap saat di siang hari kondisi ramai tersebut tercipta. Pada awal malam hari pun kondisi ramai ini masih berlanjut. Hal tersebut karena persimpangan tersebut menghubungkan empat jalur yang padat akan lalu lintas perdagangan dan jasa.
     Seperti yang telah disebutkan pada poin satu, bahwa jalan Basuki Rahmat merupakan jalur Arteri Primer. Kemudian jalur Arteri Primer ini diteruskan ke jalur Emi Saelan. Sedangkan Jalan I Gusti Ngurah Rai merupakan jalan kolektor primer yang menyambungkan lalu lintas dari dan ke wilayah seberang. Disebut wilayah seberang sebab wilayah kota palu secara geografis terbagi menjadi dua bagian dataran yang ditengah-tengahnya dibagi oleh sebuah sungai besar yang dinamakan Sungai Palu.


3. Persimpangan Jalan W. Monginsidi - R.A Kartini - Jalan Bali
Peta Palu
Persimpangan Jalan W. Monginsidi
     Jalan W. Monginsidi memiliki pola ruang untuk perdagangan dan jasa. Jalur ini juga termasuk Arteri Primer yang lumayan ramai lalu lintas. Sementara itu, jalan Kartini merupakan jalur kolektor sekunder. Jalan kartini memiliki pola ruang sebagai kawasan perkantoran pemerintahan. Yellow Box Junction juga diperlukan di sini agar lalu lintas dari jalan Kartini menuju jalan Mongisidi tidak terkunci.


4. Persimpangan Jalan Jenderal Sudirman - Sam Ratulangi - Hj. Hayun - Cik Di Tiro
Peta Palu
Persimpangan Jalan Sudirman
     Persimpangan yang satu ini terletak cukup dekat dari pusat kota Palu. Jalan Jendral Sudirman dan Samratulangi juga termasuk jalur Arteri primer. Kawasan disekitarnya juga merupakan kawasan Perdagangan dan Jasa. Sementara itu Jalan Hj. Hayun merupakan jalur Kolektor Primer. Jalan Hj. Hayun juga menghubungkan lalu intas ke arah seberang jika melewati jalan kimaja dan jembatan tiga Palu. Sedangkan jalan Cik Di Tiro hanya merupakan jalur lokal.
     Kehadiran Yellow Box Junction di sini juga dapat bermanfaat sebagai sarana edukasi berlalu lintas, sebab daerah ini juga adalah kawasan kampanye tertib berlalu lintas di Kota Palu.


5. Persimpangan Jalan Sam Ratulangi - Raden Saleh - S. Parman
Peta Palu
Persimpangan Jalan Sam Ratulangi
     Persimpangan ini menghubungkan jalan Sam Ratulangi yang merupakan jalur arteri primer. Disekitar persimpangan jalan ini juga merupakan kawasan perdagangan dan jasa. Pada arah selatan terdapat kawasan peruntukan perkantoran pemerintah propinsi sulawesi tengah beserta perangkatnya.
     Kemudian jalan Raden Saleh merupakan jalur Kolektor primer yang menghubungkan lalu lintas dari dan ke kawasan peruntukan pariwisata yaitu pantai teluk palu. Pantai di teluk Palu banyak menyediakan sarana rekreasi seperti Ruang Terbuka Hijau, Taman bermain, Pedagang kuliner, dan sebagainya. Sedangkan jalan S. Parman hanya merupakan jalan Kolektor Sekunder yang menghubungkan ke kelurahan Besusu Tengah yang didominasi oleh kawasan permukiman elit.


Yellow Box Junction Kota Palu

Itulah lima persimpangan di Kota Palu yang telah dipasang garis Yellow Box Junction.
Awalnya Kakarmand tidak tau alasan mengapa tidak di semua persimpangan jalan di pasang YBJ.
Mengapa juga hanya jalan-jalan di atas yang dipasang Yellow Box Junction?

Tapi setelah membaca peta, ternyata saya menemukan satu benang merah.
Sementara ini kesimpulannya hanya persimpangan Jalur Arteri Primer di Kota Palu yang telah dipasang Yellow Box Junction. Apakah secara nasional YBJ ini hanya untuk Arteri Primer saja?

Okey sampai disini dulu ya, jika ada yang perlu ditanggapi silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah. Sekian dan Terimakasih.

Writen by : @kakarmand
Maps by : capture from Bing. [Digital Globe. Geo Eye. Microsoft Corporation]
Photo by : @kakarmand

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »