Pusat Laut: Wisata bahari yang unik?

pusat laut donggala
berenang di pusat laut donggala

Hi!! kali ini #kakarmand ingin me review Pusat Laut Donggala.
Salah satu destinasi wisata bahari di Sulawesi Tengah yang patut kalian kunjungi!
Pusat Laut adalah destinasi wisata yang unik.
"Kenapa Unik?" hemmm.. 

    Pusat Laut menjadi tempat yang unik karena pusat laut adalah sebuah objek yang berupa sinkhole atau lubang bekas runtuhan yang terlihat seperti sumur namun memiliki air asin. Karena airnya yang asin seperti air laut, sinkhole ini juga menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan laut. Selain itu, pusat laut juga memiliki wisata bahari pesisir pantai pasir putih yang indah, serta lingkungannya dipagari hutan dan pegunungan yang eksotis. Pusat laut juga memiliki makna filosofis dari sebuah legenda masyarakat setempat. Perpaduan dari semuanya menjadikan Pusat Laut menjadi destinasi wisata favorit di Pulau Sulawesi.

Trip ke Pusat Laut Donggala

Pusat Laut terletak di desa Towale,
kecamatan Banawa, kabupaten Donggala, propinsi Sulawesi Tengah.
"Towale di mana ya?".
hemmm.. Agar tidak bingung, #kakarmand kasih ni Peta nya!
peta pusat laut donggala
peta pusat laut donggala

Jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Palu.
"Oww, jadi kira-kira waktu tempuhnya sekitar 2 jam."
"bdw PUSAT LAUT? kok namanya pusat laut ya?"

     Pusat Laut Donggala sebenarnya bernama asli Pusentasi/ Pusentase. Pusentasi berasal dari bahasa suku Kaili, pusen yang berarti pusat dan tasi yang berarti laut. Selain karena berbentuk sebuah lubang lingkaran yang menyerupai pusat, usut punya usut konon sinkhole atau lubang runtuhan ini juga dikaitkan dengan legenda kisah cinta putri Yamamore. Penasaran tentang legendanya? datang aja ke sini, trus tanya ke penduduk setempat ya. ^__^

     Jika kamu telah tiba di sini, jangan lupa parkir kendaraan kalian dengan tertib. Kemudian berjalanlah menuju loket tiket Pusat Laut dan memberi kontribusi cukup 2 ribu rupiah saja perorang. "wahh, murah banget gan!"

     Di sini juga tersedia fasilitas cottage, bagi yg ingin menginap sehari semalam cukup dengan membayar kondribusi 200 ribu rupiah.
"Terjangkau ya? dan kalau pergi berkelompok kan bisa saling patungan kan?"

     #kakarmand sudah berulang-ulang kali ke Pusat Laut, karena destinasi wisata ini dapat menimbulkan kesan dan kenangan yang indah bagi setiap pengunjungnya. #kakarmand sudah membuktikannya kamu bisa baca di sini "12 keseruan yang kamu bisa dapatkan di Pusat Laut Donggala"

Terjun ke Lubang Pusat Laut

lubang pusat laut donggala
Pusat Laut Donggala
Nah, sekarang kalian tunggu apa lagi?
ayo segera persiapkan perjalanan wisata kamu ke Pusat Laut Donggala.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Friday, 5 February 2016 at 02:40:00 GMT+8 delete

Iya, Pusat Laut Donggala sangat mantap bro. bisa menjadi alternatif tujuan wisata bila telah mengunjungi Tanjung Karang Donggala. keduanya tidak begitu jauh, masih satu kecamatan (Banawa).

Reply
avatar
Tuesday, 9 February 2016 at 03:16:00 GMT+8 delete

Iya, Pusat Laut Donggala sangat mantap bro. bisa menjadi alternatif tujuan wisata bila telah mengunjungi Tanjung Karang Donggala. keduanya tidak begitu jauh, masih satu kecamatan (Banawa).

Reply
avatar