NGINAP Arsitektur 2010 di Sekolah Daun

foto bersama di sekolah daun dusun topesino
     Pada tanggal 20-21 November 2010, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Tadulako mengadakan kegiatan NGINAP ARSITEKTUR 2010 atau yang biasa juga disebut Kemah Bakti Desa. Panitia dan peserta kegiatan ini yaitu mahasiswa arsitektur Untad angkatan 2010. Lokasi kegiatan tepatnya di Dusun Topesino, Desa Mantikole, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi.

     
     Dusun Topesino  merupakan sebuah dusun di Desa Mantikole yang letaknya terpencil di pegunungan. Perjalanan mendaki menuju Dusun Topesino hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam. Di Dusun Topesino terdapat sebuah sekolah dasar yang masyarakat setempat menamakannya Sekolah Daun.
     Bangunan sekolah daun sangat memprihatinkan. Dindingnya terdiri dari anyaman dedaunan kelapa, bertiang bambu, berlantai tanah dan beratap dedaunan ilalang. Namun, atas bantuan berbagai pihak melalui TVRI Sulteng, kini telah dibangun gedung sekolah baru yang layak untuk siswa-siswi sekolah daun. Gedung baru sekolah tersebut letaknya di lokasi baru. Rencananya gedung baru akan dipergunakan setelah peresmiannya tanggal 31 Desember 2010. Sehingga sebelum peresmian tersebut, kegiatan belajar mengajar dilakukan sementara di sekolah daun yang lama.

       Karena mengetahui sekolah daun akan dipindahkan ke gedung yang baru, untuk memperlayak sekolah daun peserta kegiatan Nginap Arsitektur cukup menambahkan interior dan eksterior kelas yang nantinya dapat murid sekolah daun pindahkan dan pergunakan di gedung sekolahnya yang baru. Penambahan interior meliputi rak buku beserta buku-buku pelajaran sd, poster-poster pendidikan, dan sebagainya. Siswa-siswi sekolah daun juga mendapatkan sumbangan berupa pakaian layak pakai.

bak penampunagn air topesino  papan pengenal dusun topesino    

     Berdasarkan agenda kegiatan, panitia membuat beberapa fasilitas dusun, pembersihan lingkungan dan mata air, serta sedikit mengadakan pengajaran menggambar dan permainan untuk siswa-siswi sekolah daun.
     Dalam prosesnya kegiatan Nginap Arsitektur 2010 berhasil membuat tempat penampungan air untuk masyarakat,  papan pengenal dusun, beserta interior dan eksterior sekolah daun. kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut menimbulkan kesan yang baik bagi masyarakat Dusun Topesino.
selengkapnya foto-foto dokumentasi kegiatan Nginap Arsitektur 2010 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »